Dideteksi getaran mirip jantung di reruntuhan PT Freeport

pt freeport indonesia mencari peralatan pendeteksi getaran dan disebut lifepak 3 supaya hapal apakah masih ada korban yang hidup pada area reruntuhan fasilitas web pelatihan tambang bawah tanah big gossan.

general manajer tambang pt freeport yang dan mengepalai tim penyelamat, nurhadi sabirin, pada timika, sabtu, menyatakan,lifepak 3 sudah mendeteksi getaran-getaran dan seirama dengan detak jantung manusia.

walau terlalu, tutur dia, belum mampu dipastikan sebab ada kemungkinan disebabkan getaran-getaran lainnya.
kami belum mampu mendeteksi tanda-tanda berpotensi lain selama 72 jam lalu, papar sabirin.

menurut dia, tim penyelamat terus berupaya 24 produk tanpa henti dengan bersegeralah mengupayakan penyelamatan kurang lebih 23 pekerja dan diduga masih tertimbun dalam reruntuhan fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan sejak selasa (14/5).

Informasi Lainnya:

mereka berlaga dengan masa, makin lama waktu dihabiskan dengan demikian makin kecil kemungkinan korban-korban tersebut dapat selamat. secara teoritis, manusia mampu bertahan hidup tanpa makan sama sekali sekitar tujuh-delapan hari, namun tanpa minum setetespun dengan begini hanya tiga hari saja.

sabirin menambahkan, pihaknya sudah mengerahkan kaum ahli beserta perlengkapan paling pas untuk bisa melaksanakan upaya penyelamatan kaum pekerja dan masih tertimbun.

sejauh ini, lima korban tewas telah bisa dievakuasi dari di terowongan bawah tanah itu; 10 korban selamat ketika dievakuasi, serta benar sebelumnya mampu meloloskan diri pilihan ketika setelah kasus terjadi.

lokasi runtuhan tersebut adalah ruang kelas latihan pada bawah tanah, di big gossan, salah Salah satu blok pertambangan pt freeport indonesia pada sini.

kecelakaan berpangkal dalam keruntuhan dengan mendadak atap ruang kelas itu, selasa 2012 (14/5). sampai kinipun dilaporkan runtuhan-runtuhan material masih berjatuhan makanya menghambat tim penyelamat berusaha.

presiden direktur pt freeport indonesia, rozik b soetjipto, menegaskan, akan menginvestigasi menyeluruh mengungkap penyebab tragedi itu. kami akan menyiapkan santunan tenaga ahli internasional serta kementerian energi dan sumber daya mineral supaya menggarap investigasi, papar soetjipto.

ia menambahkan, pt freeport akan mengambil semua langkah dan memungkinkan agar meyakinkan kasus serupa tak terulang tinggal.