Mendikbud: IPA-IPS di SMP lebih terintegrasi

menteri studi juga kebudayaan m. nuh menyatakan pelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) juga ilmu pengetahuan sosial (ips) pada smp mau lebih terintegrasi pada kurikulum masih.

kalau kini ipa pada smp kan baru disusun berlapis, yaitu mata pelajaran fisika, kimia, juga biologi. setelah itu ketiga pelajaran tersebut terintegrasi selama pelajaran ipa, katanya dalam semarang, sabtu.

hal tersebut diungkapkan mantan rektor institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya tersebut usai sosialisasi kurikulum 2013 dalam universitas negeri semarang (unnes) yang dikuti ratusan guru pada jawa tengah.

demikian pula dengan integrasi pelajaran ips jenjang smp dan dulunya baru terbelah selama pilihan pelajaran, semisal geografi juga sejarah, untuk upaya penyederhanaan pelajaran dalam sekolah.

Informasi Lainnya:

nantinya, guru-guru biologi selama smp akan mengajar pelajaran ipa, guru fisika juga begitu, mengajar ipa. demikian pula dengan guru-guru geografi juga sebagainya yang hendak mengajar pelajaran ips, katanya.

nuh mengakui beban pelajaran dan ditanggung siswa di ini telah cukup ada sebagaimana dikritik berbagai kelompok masyarakat sehingga usah penyederhanaan terhadap mata pelajaran dan diajarkan.

berkaitan melalui ditermpakannya kurikulum baru, pelajaran jenjang sd juga disederhanakan adalah enam mata pelajaran, tergolong ipa serta ips yang pembelajarannya diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya.

seorang peserta sosialiasi dan juga kepala smp negeri 5 semarang suharto mengakui pada ini pembelajaran ipa pada sekolah sudah terbelah atas beberapa mata pelajaran, yakni biologi, fisika, serta kimia.

kalau ips, terbelah atas pelajaran geografi, ekonomi, sejarah. sosiologi belum ada. melalui kurikulum masih, diharapkan pembelajaran ipa juga ips tidak akan berlapis seperti itu, melainkan terintegrasi, ujarnya.

ia mengakui sesungguhnya kurikulum tingkat satuan studi (ktsp) dan berlaku ketika ini memang sudah memenage pembelajaran ipa serta ips secara terpadu, akan akan tetapi keterpaduan tersebut sifatnya baru tempelan.

jadi pelajarannya ya baru ipa-biologi, ipa-fisika, serta sebagainya. apabila dalam kurikulum baru nanti hendak terpadu, ipa serta ips. pelajaran ipa berbasis biologi, akan tetapi ips berbasis geografi, tutur suharto.