Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe menyewa pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan setiap pihak dan berusaha dalam area perusahaan tambang emas, tembaga itu.

lukas enembe terhadap wartawan di timika, jumat mengatakan banyaknya kasus korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan dalam selasa (14/5) adalah sejarah baru kepada freeport yang telah puluhan tahun beroperasi pada mimika, papua.

kejadian ini merupakan sejarah di puluhan tahun freeport ada. kasus korban lumayan ada, kata lukas.

lukas enembe dan masih lebih daripada dua bulan menjabat gubernur papua jangka waktu 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport agar lebih mengetahui semua masukan dari pemerintah juga kaum tokoh warga.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, juga tua-tua supaya semua dapat jalan menarik, papar lukas.

pemerintah provinsi papua, ujarnya, menyampaikan ikut berduka cita atas mempunyai sederat pekerja pt freeport serta perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita yang sama diutarakan kepada keluarga para korban dan meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan di area kerja pt freeport yang menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian mampu, tetapi luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa karena korban begitu banyak. ini adalah tragedi kemanusiaan, papar wilhelmus.

ia terserah mendesak diselenggarakan investigasi independen pada insiden runtuhnya fasilitas web latihan tambang bawah tanah pt freeport tersebut juga perusahaan wajib melakukan evaluasi dengan menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus menungkapkan amat mendukung penutupan akan tetapi berbagai aktivitas pertambangan pt freeport agar perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih dari 20 pekerja yang masih terkubur selama di reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan sudah ditemukan, sebanyak lima orang diantaranya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha serta rooy kailuhu. empat pekerja dari 10 pekerja yang selamat harus menjalani perawatan lanjutan selama jakarta sebab kondisinya baru kritis.

pt freeport menungkapkan upaya pencarian serta evakuasi para pekerja masih terus dilakukan sampai saat ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral juga batubara thamrin sihite sudah tiba selama tembagapura dari kamis (16/5) untuk menyaksikan segera upaya evakuasi kaum korban juga mengunjungi korban dan masih dirawat di properti sakit tembagapura.