Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa dan tersebar dalam 12 kecamatan, namun tak banyak korban jiwa di bencana tersebut.

sejauh ini tidak banyak korban jiwa juga kami berharap hujan tak dulu turun. kondisinya ketika ini sudah darurat serta warga kita minta tetap hati-hati, ujarnya di meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi tujuan pengungsian di kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah mengatakan kawasan terparah dilanda banjir adalah woyla timur yang berjarak sekitar 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala jenis kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia menungkapkan berbagai tim siaga bencana telah siaga disejumlah lokasi serta mengevakuasi penduduk ketempat lebih tidak berbahaya.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, meskipun tak banyak korban jiwa, kerugian diperkirakan lumayan besar sebab ada empat unit rumah masyarakat dan jembatan rusak selama kecamatan pante ceureumen, serta woyla timur.

untuk kerugian baru pada pendataan. keuntungan dan gamblang saat ini banyak padi petani dan telah dalam panen hanyut akibat banjir, katanya menambahkan.

sementara itu dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur publik pada desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, tetapi supaya kecamatan yang lain hanya dikirim logistik melalui perahu karet.

lebih 5.000 jiwa dan telah didata dijadikan pengungsi serta mendapat jatah bantuan logistik.

warga woyla timur juga kecamatan lain tidak akan dievakuasi karena tersebut kita hanya mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi di kawasan lebih tinggi yang sifatnya berpencar-pencar, katanya menambahkan.

samsuar, salah benar pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan menyatakan desanya telah kerap dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai dan saluran air dibenahi, sebab banjir disini selain faktor hujan juga sungai meureubo tersebut paling mengancam, apalagi pemukiman kami gampat ditempuh melalui aliran sungai, katanya.

banjir juga mengakibatkan terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut karena ketingian air pada bada jalan hampir Salah satu meter.