Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi mencatat mantan ketua mk mahfud md adalah calon presiden idola terhadap nahdliyin jatim.

kami bertanya kepada 1.238 responden yang dijalani secara proporsional dengan metode terbuka, makanya tercatat 26 calon presiden dan disodorkan responden, kata wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, di surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora yang serta kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang mengajarkan hasil survei menunjukkan ada lima nama dan mendapatkan dukungan lebih daripada tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, dan arb 5,33 persen, sedangkan nama lain selama bawah tiga persen, selama antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, juga sebagainya, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei tersebut akan diserahkan isnu pada pwnu jatim dan pbnu. ibaratnya, manakala nu pada ini menggunakan suara langit atau istikhoroh selama pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi melalui suara bumi serta survei, ujarnya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas di kelompok masyarakat nahdliyin, ia menyampaikan alasan responden umumnya menyebut mahfud md dijadikan sosok dan tegas dan objektif pada mengambil tindakan, meski ada beberapa pihak dan menentangnya.

alasan yang terekam merupakan 36 persen ketegasan, 31 persen bersih serta jujur, 15 persen pengalaman pada pemerintahan, empat persen merupakan kader nu, dan 14 persen untuk alasan lain.

yang bagus, arb tak dijalani sama alternatif selama sidoarjo. bisa saja hal itu akibat lumpur lapindo, tapi yang menarik adalah banyak masyarakat nu yang tidak terkena dampak lumpur lapindo selama porong, sidoarjo, namun mereka mempunyai solidaritas yang tinggi kepada korban lumpur, katanya.

meski ditanya tentang figur capres, katanya, beberapa nahliyin mencari melalui menggandengkan melalui figur lain, selama antaranya 29 daripada 261 responden dan bekerja sama dengan mahfud md menggandengkan melalui figur lain dibuat cawapres.

sebanyak 20 daripada 83 responden yang memilih dahlan iskan memasangkannya melalui figur lain, seperti jokowi juga mahfud md, sementara 20 dari 158 responden dan bekerja sama dengan jokowi dan memasangkan dengan figur lain, ujarnya.

untuk peta tujuan pemilih/responden, ia menyampaikan kebanyakan dari 38 kabupaten/kota pada jatim bekerja sama dengan mahfud md, namun mayoritas dukungan supaya mahfud md dari pemilih banyuwangi, sementara mayoritas pemilih jokowi ada pada lumajang, pasuruan, serta pamekasan. agar arb, kebanyakan pendukung dari pasuruan dan jember.