Majelis alumni IPNU Jatim dukung Mendikbud

presidium majelis alumni ikatan pelajar nu (ipnu) jawa timur siap mendukung mendikbud mohammad nuh terkait melalui kebijakan ujian nasional dan tahun ini mengalami kisruh selama pelaksanaan agar un tingkat sma juga sederajat.

kami siap dalam belakang supaya mendukung pak nuh sebab majelis alumni ipnu telah bersifat `supporting system` untuk membenahi dunia studi, papar ketua presidium wilayah majelis alumni ipnu jatim h. muzammil syafii di surabaya, minggu.

hal tersebut diungkapkan pada silaturrahmi presidium wilayah majelis alumni ipnu jatim yang dibuka oleh mendikbud juga dihadiri ketua presidium pusat majelis alumni ipnu dr. h. hilmy muhammadiyah, ketua pbnu prof. kacung maridjan, m.a., dan wakil ketua pwnu jatim dr. h.m. thohir.

senada dengan itu, ketua pimpinan wilayah (pw) ipnu jatim m. fadlli menilai mendikbud tidak bersalah di kisruh un 2013 tersebut. kami dan mendukung, tetapi bukan sebab kedekatan kami dengan pak nuh, melainkan sebab beliau memang tak bersalah, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, kekacauan un 2013 tersebut murni kesalahan pihak percetakan yang tak mengukur antara beban yang diterima dan kemampuan yang ditawarkan.

oleh sebab tersebut, kami dan mendesak pak nuh supaya tim investigasi dan dibentuk segera menjalankan tabir dan sebenarnya terjadi, katanya.

ia menegaskan bahwa anggota ipnu yang dan pelajar sangat dirugikan dengan kekacauan yang terjadi selama un 2013 dalam tingkat sma tersebut.

oleh sebab tersebut, kami mengharapkan hasil investigasi yang ingin diumumkan dalam minggu depan tersebut mau menunjukan masalah sesungguhnya, katanya.

menanggapi dukungan majelis alumni ipnu jatim dan pw ipnu jatim tersebut, mendikbud menyewa ipnu serta alumninya berperan adalah bagian yang menyebabkan kemajuan dunia studi oleh karenanya kemiskinan, ketidaktahuan, serta keterbelakangan bisa diatasi.

ibarat penyakit dan mesti vaksin, maka penyakit sosial seperti kemiskinan dan ketidaktahuan tersebut juga mesti vaksin sosial serta vaksin sosial itu studi. oleh sebab itu, dukungan majelis alumni ipnu tersebut tidak keliru dalam konteks agar tujuan mengatasi penyakit sosial itu, ujarnya.

terkait melalui dorongan mundur untuk dirinya, mendikbud menilai permintaan dirinya supaya mundur tenntang kisruh pelaksanaan ujian nasional (un) 2013 itu tergantung pada presiden karena dirinya merupakan pembantu presiden dan diangkat olehnya.

kalau mundur tersebut, lho saya yang ngangkat tersebut presiden, bukan orang lain. apabila gagal, ya, tergantung dan menilai, semisal mahasiswa tersebut `kan terserah dosen dan menilainya. aku katakan, kisruh un 2013 tersebut tidak bersifat `by design` (direncanakan), akan tetapi murni kasus, ujarnya.

tiga tahun lalu, papar mantan rektor its surabaya itu, pelaksanaan un juga dilakukan selama daerah. ingin ternyata, karena ada masalah, lalu ditarik ke pusat.

oleh sebab itu, manakala sekarang ada masalah, ya, dikaji tinggal, ternyata bukan berarti `by design`, katanya.

acara silaturrahmi majelis alumni ipnu jatim dan dikuti alumni ipnu se-jatim itu merumuskan rekomendasi terhadap nu agar meningkatkan kualitas studi masyarakat nu dengan menyertakan jaringan alumni ipnu selama jatim, bagus melalui studi dan bersifat formal maupun informal.