Legislator: desentralisasi pencetakan soal UN perlu dipertimbangkan

wakil ketua komisi x syamsul bachri berpendapat kiranya pemerintah perlu mempertimbangkan supaya mengerjakan desentralisasi pencetakan soal ujian nasional selama pelaksanaan yang akan datang.

dari kejadian keterlambatan penyelesaian dan pendistribusian naskah soal sudah ada indikasi bahwa sentralisasi pengadaan soal un tidak mampu dilakukan. melalui itulah, aku pikir perlu desentralisasi. serahkan kepada percetakan daerah tapi diawasi melalui ketat oleh berbagai bagian, ujarnya pada jakarta, kamis.

menurut dia, beberapa pemerintah daerah telah menungkapkan sanggup agar menggarap pencetakan soal un agar sekolah-sekolah pada wilayahnya masing-masing.

mereka mempunyai perusahaan percetakan yang memadai. maka, ini sebenarnya soal kepercayaan serta pengawasan saja, katanya.

Informasi Lainnya:

sementara itu, lanjutnya, substansi materi yang akan diujikan mampu disiapkan oleh pemerintah pusat, yakni dengan kementerian studi serta kebudayaan.

hal itu, menurut syamsul, justru mampu menekan uang distribusi soal serta memudahkan proses pendistribusian.

ini sisi positifnya dari desentralisasi, dengan dicetak dalam daerah, dengan begini proses pengirimannya lebih segeralah karena jaraknya dekat melalui info ujian anak-anak sekolah, katanya.

sebelumnya, tim kunker komisi x dpr meninjau langsung pelaksanaan un tingkat sma dan diundur, dan un smp dalam sulawesi selatan.

pada kesempatan itu, tim yang dipimpin wakil ketua komisi x syamsul bachri masih menjumpai semua kendala teknis di pelaksanaan un.

misalnya, selama sma frater makassar, bagian sekolah terpaksa mesti menambah sendiri persediaan lembar langkah awal sehingga terjadi perbedaan standar selama bahan kertas soal juga lembar Jalan keluar un.