Bom bunuh diri tewaskan enam orang di Pakistan

serangan bom mobil bunuh diri pada sebuah pos pemeriksaan dekat daerah berpenduduk syiah selama pakistan baratdaya dalam selasa malam menewaskan enam pihak juga mencederai lebih dari 30, tutur sederat pejabat.

penyerang bekerja mengendarai mobilnya ke daerah hazara town selama quetta, ibu kota provinsi baluchistan, dimana kekerasan sektarian sudah menewaskan puluhan orang syiah, tutur kepala kepolisian kota tersebut zubair mahmood.

ia meledakkan mobilnya saat pasukan dalam sebuah pos pemeriksaan paramiliter dekat lingkungan syiah tersebut menghentikannya, kata perwira polisi itu kepada afp.

ledakan itu menewaskan enam orang tergolong seorang prajurit, kata pejabat senior pemerintah abdul mansoor pada afp.

Informasi Lainnya:

pejabat pemerintah provinsi akbar durrani mengkonfirmasi serangan itu serta persentasi korban.

kami telah mengumpulkan rincian pada sejumlah rumah sakit dan kasus kematian enam pihak, katanya, dengan menambahkan kiranya 37 orang, termasuk dua prajurit, cedera.

penyerang bekerja memasuki daerah syiah hazara. tersebut ledakan besar yang dapat didengar dalam jarak beberapa kilometer, katanya, melalui menambahkan bahwa sejumlah toko rusak akibat pemboman itu.

kekerasan kepada penduduk syiah mencapai rekor serta dalam lalu lebih dari 400 orang syiah tewas pada serangan-serangan sektarian.

muslim syiah, yang mencapai sekitar 20 persen dari 180 juta jiwa warga pakistan yang kebanyakan sunni, sering menjadi sasaran serangan oleh grup garis keras sunni.

pada 16 februari, serangan bom dalam quetta menewaskan 89 pihak, dan 92 orang tewas dalam serangan dalam sebuah web bilyar hazara di 10 januari. kelompok militan sunni lashkar-e-jhangvi (lj) mengklaim bertanggung jawab atas serangan-serangan terhadap penduduk syiah hazara itu.

sejumlah grup militan beroperasi aktif dalam baluchistan, provinsi terbesar namun termiskin pada pakistan. kekerasan sektarian diantara sunni dan syiah terjadi pada wilayah dan berbatasan dengan iran juga afghanistan tersebut.

separatis baluchistan mengobarkan kekerasan sejak 2004 untuk menuntut otonomi politik juga pembagian lebih besar daripada kekayaan minyak, gas serta mineral pada wilayah yang penduduknya dilanda kemiskinan itu.

kelompok militan lashkar-e-jhangvi (lj) yang mengenai melalui al qaida serta mengobarkan serangan-serangan pada minoritas syiah, serta beberapa aparat kepolisian di kota itu menyampaikan mereka diancam oleh kelompok tersebut.

pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri serta penembakan dan menewaskan lebih daripada 5.200 pihak dari pasukan pemerintah menyerbu suatu masjid dan adalah web persembunyian militan selama islamabad selama juli 2007.

kekerasan sektarian meningkat sejak gerilyawan sunni memperdalam hubungan melalui militan al qaida dan taliban setelah pakistan bergabung di operasi pimpinan as supaya menumpas militansi sesudah serangan-serangan 11 september 2001 di as, afp melaporkan.